Kamis, 05 Februari 2009

Ekonomi Digital dan Cyber Marketing


Ekonomi Digital dan Cyber Marketing
Ekonomi digital didefinisikan oleh Amir Hartman sebagai “the virtual arena in which business actually is conducted, value is created and exchanged, transactions occur, and one-to-one relationship mature by using any internet initiative as medium of exchange” (Hartman, 2000).
Keberadaannya ditandai dengan semakin maraknya berkembang bisnis atau transaksi perdagangan yang memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi antar perusahaan atau pun antar individu.
Tengoklah bagaimana maraknya perusahaan-perusahaan baru maupun lama yang terjun ke dalam format bisnis elektronik e-business dan e-commerce.
Untuk dapat bertahan dan memenangkan persaingan, para pemain perlu memahami karakteristik dari konsep yang menjadi landasan karena sangat berbeda dengan ekonomi klasik yang selama ini dikenal.
Tidak jarang bahwa perusahaan harus melakukan transformasi bisnis (merubah model bisnis) agar dapat secara optimal bermain di dalam arena ekonomi digital.
Bagi perusahaan baru (start-up company), untuk terjun ke bisnis ini biasanya lebih mudah dibandingkan dengan perusahaan yang telah lama berdiri.
Statistik menunjukkan bahwa sebagian besar perusahaan lama yang ingin memanfaatkan keberadaan ekonomi digital harus mengadakan perubahan mendasar pada proses bisnisnya secara radikal (business process reengineering).Karakteristik Ekonomi DigitalTapscott menemukan dua belas karakteristik penting dari ekonomi digital yang harus diketahui dan dipahami oleh para praktisi manajamen, yaitu: Knowledge, Digitazion, Virtualization, Molecularization, Internetworking, Disintermediation, Convergence, Innoavation, Prosumption, Immediacy, Globlization, dan Discordance.Berikut adalah penjelasan singkat dari masing-masing aspek terkait (Tapscott, 1996).Knowledge: becomes an important element of productsDigitization: Products and services forms are transformed into ones and zeroes formatVirtualization: Physical things can become virtualMolecularization: Replacement of the mass media into molecular mediaInternetworking: Networked economy with deep and reach interconnections of economic entitiesDisintermediation: Elimination of intermediaries and any stand between producers and consumersConvergence: convergence of computing, communications, and contentInnovation: Innovation becomes the key driver of business successProsumption: Gap between consumers and producers blurs in a number of waysImmediacy: It is real-time economy that occurs at the speed of lightGlobalization: Knowledge knows no boundaries, there is only a world of economyDiscordance: Massive social contradictions are arisingCyber Marketing pada tulisan ini diambil sisi praktis “Bisnis di Internet” Dan bukan “Internet Bisnis” - kondisi pasar yang ada di Internet akan digambarkan; Beberapa strategi praktis untuk melakukan Bisnis di Internet akan dijelaskan secara garis besar. Hal yang akan menjadi kunci keberhasilan bisnis di Internet adalah kemauan sebuah perusahaan untuk memberikan servis yang terbaik kepada client / customer-nya. Kemampuan untuk berinteraksi memberikan respond secara cepat & effisien menggunakan fasilitas komputer network Internet akan memberikan nilai plus. Untuk melakukan hal ini diperlukan dukungan sekelompok sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam operasinya.Strategi Marketing di CyberspaceTeknologi Informasi sebetulnya terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:· Computer.· Communication.· Content.Strategi marketing di Cyberspace akan banyak bermain pada Content informasi yang ditawarkan. Perlu kita sadari bersama bahwa sebetulnya servis / produk utama yang dimungkinkan di Cyberspace adalah:Iklan / Media PromosiSeperti dijelaskan sebelumnya bahwa sebetulnya Internet surfer berjalan-jalan di berbagai Web adalah untuk fun & bukan khusus untuk shopping. Kunci keberhasilan dalam melakukan marketing di Cyberspace & menarik sebanyak mungkin parasurfer untuk dari waktu ke waktu sering datang ke Web yang kita rancang sehingga akhirnya melakukan shoping
Label:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar